Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

modul pembelajaran pai

MODUL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNTUK SMP KELAS VII
Modul ini dibuat guna memenuhi tugas kelompok Pengembangan Media dan Sumber Belajar PAI
Dosen Pengampu : Dr. Sukiman S.Ag M.Pd
Disusun oleh:
                                                Muchamad Mufid                   (13410207)
                                                Rahma Ramadhani                  (13410208)
                                                Isti’aanatul Mustaghfiroh       (13410209)
PAI E/Semester III

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Modul yang akan kalian baca ini menyajikan standar kompetensi meningkatkan keimanan kepada Allah yang dijabarkan dalam kompetensi dasar memaknai makna beriman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli dan pencerminan perilaku beriman pada malaikat.
Fungsi mempelajari tentang iman terhadap malaikat adalah sebagai berikut :
1.      Memberikan pengetahuan tentang berbagai hal terkait tentang keimanan kita.
2.      Mengembangkan wawasan, sikap, dan nilai-nilai yang berguna bagi siswa untuk  meningkatkan kualitas kehidupan seharii-hari.

Untuk itu sudah semestinya modul pendalaman materi iman kepada malaikat ini perlu disusun.
B.     Diskripsi Singkat

Allah Swt. telah menciptakan malaikat sebelum diciptakannya manusia. Jadi, malaikat itu bukan makhluk khayalan, melainkan makhluk yang benar-benar ada. Para malaikat merupakan makhuk yang berbeda dengan kita. Mereka makhluk gaib yang diciptakan dari cahaya oleh Allah Swt. Mereka memiliki sifat sangat taat dalam menjalankan perintah-Nya dan tidak pernah ingkar sedikit pun. Mereka adalah hamba-hamba Allah Swt. yang mulia. Mereka sangat senang dan cinta kepada manusia yang berbuat mulia. Maukah kalian menjadi manusia yang dicintai Allah Swt. dan para malaikat-Nya? Subhanallah, mau sekali!
C.     Standar Kompetensi
1.      Standar Kompetensi         :
2.      Kompetensi Dasar             :
a.       Beriman kepada malaikat Allah SWT
b.      Memahami iman pada malaikat berdasarkan dalil naqli
c.       Menyajikan perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat
3.      Kompetensi Inti    :
Ø  KI-1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Ø  KI-2 Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
Ø  KI-3    mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
D.    Peta Konsep
Demi memudahkan Saudara dalam memahami materi modul ini, berikut disajikan peta konsepnya.



E.     Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan pengertian iman kepada malaikat-malaikat Allah
2.      Menyebutkan dali naqli dan aqli tentang iman kepada Malaikat
3.      Menjelaskan tugas-tugas malaikat
4.      Menerangan keterkaitan tugas malaikat dengan perbuatan
5.      Mengidentifikasi perilaku beriman kepada malaikat
6.      Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada malaikat
7.      Melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada malaikat
F.      Relevansi/ Manfaat
Setelah mempelajari modul ini, Saudara memperoleh manfaat antara lain yakni:
1.      Memudahkan dalam memahami materi-materi Meneladani Malaikat-Malaikat Allah berdasarkan penjelasan dan contoh.
2.      Menjadi bahan kajian dalam rangka peningkatan penguasaan materi Meneladani Malaikat-Malaikat Allah.
3.      Memperoleh ide pengembangan dan pengalaman secara integrative berdasarkan tugas dan latihan yang ada di modul ini.
4.      Dapat mengembangkan ilmu peserta didik sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang kompeten pada materi ini.
G.    Petunjuk Penggunaan Modul
1.      keseluruhan modul ini hendaknya Saudara baca secara seksama.
2.      Uraian materi satu dengan yang lain merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Saudara harus memahami secara menyeluruh.
3.      Modul akan lebih baik bila dipelajari secara berkelompok untuk memahami hal-hal yang berkaitan dengan teknis maupun teoritis.
4.      Bial ada materi-materi yang kurang dipahami, Saudara dapat bertanya langsung kepada narasumber yang menyampaikan materi modul ini.
5.      Latihan/ Tugas yang terdapat pada setiap bab harap dikerjakan untuk mengamalkan pengetahuan Saudara dan menguji kemampuan komprehensif Saudara.
6.      Untuk mengerjakan soal-soal tes mandiri secara individu.
7.      Bila Saudara belum mampu menjawab sebagian besar dari soal yang ditampilkan dalam latihan/ tugas maupun tes mandiri, Saudar dapat mempelajari ulang agar setiap kompetensi yang diharapkan dalam setiap babnya dapat tercapai.








                                               










BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
BERIMAN KEPADA MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH
A.    Kompetensi Dasar
a.       Beriman kepada malaikat Allah SWT
b.      Memahami iman pada malaikat berdasarkan dalil naqli
c.       Menyajikan perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat
B.     Materi Pokok
1.      Pengertian beriman kepada malaikat Allah
2.      Nama dan tugas malaikat Allah
3.      Perilaku beriman kepada malaikat Allah
C.     Uraian Materi
1.      Pengertian Beriman kepada Malaikat Allah
Sebagai seorang islam tentu anda tentu mengetahui tentang malaikat karena merupakan rukun iman yang kedua yang harus kita imani. Persamaan malaikat dengan kita sebagai manusia yaitu sama-sama makhluk ciptaan Allah SWT. Namun berbeda dengan kita, malaikat adalah makhluk yang patuh, tunduk, dan taat pada segala perintah Allah SWT. Namun ada sebagian dari kita belum mengetahui secara menyeluruh tentang malaikat. Oleh sebab itu dalam modul ini kita pelajari bersama tentang malaikat.
Malaikat berasal dari kata malak, bahasa arab yang artinya kekuatan. Sesuai firman Allah dalam Surah At-Tahrim ayat 6:
يُؤْمَرُوْنَ ماَ وَيَفْعَلُوْ  ماَأَمَرَهُمْ اللهَ يَعْصُوْنَ لاَ
“ mereka tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang mereka diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”
Malaikat diciptakan oleh Allah dari Nur atau cahaya. Iman kepada malaikat adalah percaya dan membenarkan sepenuh hati bahwa malaikat itu ada. Percaya kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman yang wajib diimani oleh umat manusia. Nama dan Tugas Malaikat
Malaikat sebagai makhluk Allah yang ghaib tidak ada yang mengetahui secara pasti jumlah mereka. Al-Qur’an maupun hadits juga tidak pernah menyebutkan mengenai jumlah para malaikat tersebut. Akan tetapi di dalam Kitabullah maupun hadits Nabi SAW, terdapat nama-nama malaikat yang hendaknya kita ketahui nama-nama serta tugasnya. Allah SWT berfirman dalam surah Al-Mudatsir ayat 31
هُوَ إِلاَّ رَبِّكَ جُنُوْدَ يَعْلَمُ وَماَ
“……… dan tidak ada seorangpun yang mengetahui tentara-tentara (Malaikat) Tuhan kamu kecuali Dia Allah”
Nama dan tugas malaikat yang wajib diketahui yaitu:
No.
Nama Malaikat
Tugas
1.
Jibril
Menyampaikan wahyu
2.
Mikail
Membagi rizqi
3.
Raqib
Mencatat amal baik
4.
Atid
Mencatat amal buruk
5.
Izrail
Mencabut nyawa
6.
Israfil
Meniup sangkakala
7.
Munkar
Menanyai dalam kubur
8.
Nakir
Menanyai dalam kubur
9.
Ridwan
Menjaga Surga
10.
Malik
Menjaga Neraka

Sifat malaikat sangat berlainan dengan manusia yang mempunyai potensi membangkang. Malaikat diberikan sifat kepatuhan dan ketundukan secara sempurna kepada Allah SWT, sebagaimana disebutkan di dalam QS Ali Imran 45-47, dan QS Maryam 17-21. Adapun sifat-sifat malaikat diantaranya yaitu, selalu taat dan patuh kepada Allah, diciptakan dari nur (cahaya), tidak berjenis kelamin, tidak makan dan minum, tidak beribu dan berbapak, tidak mempunyai keturunan, tidak mempunyai nafsu; letih; dan tidur.
2.      Perilaku Beriman Kepada Malaikat Allah
Perilaku yang mencerminkan beriman kepada malaikat Allah SWt dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai orang yang beriman kepada malaikat Jibril, kita harus selalu memohon hidayah kepada Allah dan mensyukurinya dengan cara berbagi ilmu kepada orang lain. Sebagai orang yang beriman kepada malaikat Mikail, perilaku yang dapat diwujudkan yaitu dengan selalu berusaha semaksimal mungkin agar mendapat rezeki yang halal dan berkah. Sebagai orang yang beriman kepada malaikat Israfil, yaitu selalu memohon kepada Allah agar diselamatkan dalam menghadapi musibah dan huru hara dunia, dan maupun saat terjadinya hari akhir/ hari kiamat. Sebagai orang yang beriman kepada malaikat Izrail yaitu berusaha mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian, selalu berdoa agar terhindar dari siksaan sakaratul maut (ketika ajal menjemput).  Sebagai orang yang beriman kepada malaikat Munkar dan Nakir yaitu dengan memohon kepada Allah SWT agar dilapangkan di alam kubur dan diringankan dari siksa kubur. Sebagai orang yang beriman kepada malaikat Raqib, yaitu dengan memiliki niat baik dalam segala perbuatan, baik ucapan maupun perbuatan. Sebagai orang yang berian kepada malaikat Atid yaitu dengan menjauhi niat buruk, perkataan kotor, perbuatan yang jelek, dan menjauhi perilaku tercela. Sebagai orang yang beriman kepada malaikat Ridwan, yaitu dengan selalu memohon kepada Allah SWT agar masuk surge dengan aman, sambil menciptakan kedamaian dan ketentraman di dunia. Sebagai orang yang beriman kepada malaikat Malik yaitu dengan memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari siksaan api neraka.
D.    Rangkuman
Iman kepada malaikat adalah percaya dan yakin bahwa Allah Swt. menciptakan malaikat dari cahaya (nur) untuk mengatur dan mengurus alam semesta.
Sifat-sifat malaikat, antara lain: hamba Allah Swt. yang mulia, dapat menyamar sesuai kehendak Allah, tidak makan dan tidak minum, tidak memiliki jenis kelamin, tidak pernah letih dan tidak pula berhenti beribadah kepada Allah, tidak mau masuk ke rumah-rumah yang ada anjing dan patung-patung, senang mencari dan mengelilingi majelis zikir, selalu berdoa bagi hamba yang duduk menunggu şalat berjamaah.
Nama-nama malaikat yang kita kenali adalah Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar dan Nakir, Raqib, Atid, Malik, dan Ridwan.
E.     Latihan
Kerjakan soal-soal latihan di bawah ini sesuai dengan pengetahuan yang telah anda dapatkan, kerjakan dengan jawaban yang singkat dan jelas
1.      Jelaskan pengertian iman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
2.      Sebutkan firman Allah SWT yang memerintahkan kita untuk beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
3.      Sebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT
4.      Sebutkan beberapa perilaku manusia yang mencerminkan beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
F.      Tes Mandiri
                   I.            Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!
1.      Makhluk Allah Swt. yang gaib, terbuat dari nur atau cahaya, dengan wujud dan sifat-sifat tertentu adalah
A. manusia
B. jin
C. salaikat
D. setan
2.      Sifat-sifat malaikat di antaranya
A. selalu menentang perintah Allah Swt.
B. patuh dan taat kepada Allah Swt.
C. selalu makan dan minum
D. mempunyai hawa nafsu

3.      Fenomena hancurnya alam semesta merupakan gambaran terjadinya hari kiamat. Allah Swt. menugasi malaikat peniup sangkakala yang dapat menghancurkan alam semesta ini. malaikat tersebut adalah
A. Jibril
B. Mikail
C. Israfil
D. Izrail

4.      Setiap perbuatan manusia akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akhirat? Semua itu akan dicatat oleh malaikat
A. Jibril
B. Munkar dan Nakir
C. Raqib dan Atid
D. Malik dan Ridwan

5.      Berikut ini yang bukan merupakan perbedaan antara malaikat dengan manusia adalah
A. manusia memiliki hawa nafsu, sedang malaikat tidak.
B. manusia diciptakan dari tanah, sedangkan malaikat dari api
C. Malaikat patuh kepada Allah Swt. sedangkan manusia tidak.
D. Malaikat memiliki tugas yang berbeda dan manusia tidak.


6.      Berikut ini adalah hikmah dari beriman kepada malaikat Allah Swt., antara lain
A. memberi semangat kepada orang yang beriman agar menjadi muslim sejati.
B. kurang hati-hati dalam berbicara dan berbuat.
C. kurang bersemangat dan rajin beribadah kepada Allah Swt.
D. tidak hafal nama dan tugas para malaikat.

7.      Zaid mengerjakan soal ujian tanpa mencontek, walaupun banyak kesempatan dan tidak ada pengawas di ruangan. Sikap tersebut menunjukkan bahwa ia beriman kepada malaikat
A. Jibril
B. Mikail
C. Raqib dan Atid
D. Israfil.

8.      Salah satu persamaan antara malaikat dan jin adalah keduanya sama-sama
A. berjenis kelamin
B. makhluk gaib
C. berkembang biak
D. memiliki nafsu

9.      Sifat malaikat yang membedakannya dengan manusia adalah
A. memiliki nafsu
B. makan dan minum
C. kemampuan ilmunya
D. ketundukkan dan kepatuhan

10.  Kita harus selalu melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya. Agar dapat surganya, kita harus
A. iman kepada malaikat Ridwan
B. iman kepada malaikat Malik
C. iman kepada malaikat Munkar Nakir
D. iman kepada malaikat Raqib dan Atid
                II.            Uraian
Jawablah soal-soal berikut sesuai dengan pernyataan!
1.      Mengapa malaikat selalu taat Allah Swt.?
2.      Tuliskan sebuah ayat beserta terjemahannya yang menegaskan bahwa malaikat tidak merasa letih untuk taat kepada Allah!
3.      Sebutkan sifat-sifat malaikat!
4.      Jelaskan perbedaan malaikat dengan manusia dan makhluk gaib lain (jin dan setan/iblis)!
5.      Sebutkan (minimal 5) contoh pengamalan dari iman kepada malaikat!
6.      Mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt.?
7.      Sebutkan perilaku-perilaku orang yang beriman kepada malaikat?
8.      Sebutkan hikmah beriman kepada malaikat!
9.      Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat Izrail?
10.  Apa yang dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat Jibril?

G.    Kunci jawaban
I. Pilihan ganda
1. C
2. B
3. C
4. C
5. A
6. A
7. C
8. B
9. D
10. A
II. Uraian.
1. Sifat yang dimiliki oleh malaikat.
2. وَلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚوَمَنْ عِنْدَهُ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلَا يَسْتَحْسِرُونَ              
Artinya: “Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikatmalaikat)
yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk
menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih.” (surah al-Anbiya/21:19).
3. Sifat-sifatnya adalah:
a. Selalu patuh kepada Allah Swt. dan tidak pernah berbuat maksiat
     kepada-Nya.
b. Malaikat dapat berubah wujud sesuai kehendak Allah. Kadang-kadang
    Jibril datang kepada Nabi Muhammad saw. menyamar seperti sahabat
     yang bernama Dihyah Al Kalbi, terkadang seperti sahabat dari Arab Badui.
c. Malaikat tidak akan dan tidak minum.
d. Malaikat tidak memiliki jenis kelamin.
e. Malaikat tidak pernah letih dan tidak pula berhenti beribadah kepada
    Allah Swt.
f. Malaikat senang mencari dan mengelilingi majelis zikir.
g. Malaikat berdoa bagi hamba yang duduk menunggu ¡alat berjamaah.
4.
No.
Malaikat
Jin
Manusia
1.
Diciptakan dari
nur atau cahaya
Diciptakan dari api
Diciptakan dari tanah
2.
Merupakan
makhluk gaib
Merupakan makhluk
gaib
Makhluk yang
terlihat mata (kasat
mata)
3.
Sifatnya selalu
patuh dan taat
kepada perintah
Allah Swt.
Sifatnya ada yang
patuh dan ada yang
durhaka kepada Allah
Swt.
Sifatnya ada yang
patuh dan ada yang
durhaka kepada Allah
Swt.
4.
Tidak makan dan
tidak minum
Makan dan minum
Makan dan minum
5.
Pikirannya jernih
dan lurus
Pikirannya berubahubah
Pikirannya berubahubah
6.
Tidak mempunyai
nafsu
Mempunyai nafsu
Mempunyai nafsu


5. Pengamalan dari iman kepada malaikat:
a. Selalu memohon hidayah kepada Allah Swt. dan mensyukurinya
    dengan cara berbagi ilmu dengan yang lainnya.
b. Berusaha maksimal agar mendapatkan rezeki yang halal dan berkah.
c. Memohon kepada Allah Swt. agar diselamatkan dalam menghadapai
    musibah dan huru hara dunia, maupun saat terjadinya hari kiamat.
d. Mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Selalu berdo’a agar
    terhindar dari siksaan sakaratul maut (ketika ajal menjemput kita).
e. Memohon kepada Allah Swt. agar dilapangkan di alam kubur dan
    diringankan dari siksa kubur, memiliki niat baik, dalam segala perbuatan
    baik ucapan maupun perbuatan, menjauhi niat buruk (dikembangkan oleh guru).
6. Perintah langsung dari Allah dan Rasul.
7. Kebijakan guru.
8. Hikmah beriman kepada malaikat:
a. Memberi motivasi untuk selalu taat dan bertakwa kepada Allah Swt.
    seperti ketaatan para malaikat.
   b. Selalu waspada terhadap perkataan dan perbuatan kita. Karena semua
       tingkah laku dan perbuatan kita diawasi oleh malaikat.
   c. Tetap optimis untuk berusaha karena Allah Swt. akan memberi ilmu
       melalui Malaikat Jibril dan memberi rezeki melalui Malaikat Mikail.
   d. Memotivasi kita untuk selalu beramal saleh. Karena bekal itulah yang
       kita bawa kelak ketika meninggal dunia untuk menghadapi pengadilan Allah Swt.
9. Kita berusaha mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian.
10. Memohon hidayah kepada Allah Swt. dan mensyukurinya dengan cara
      berbagi ilmu dengan yang lainnya










Posting Komentar

0 Komentar