Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Lebih Dekat Tentang Rafting

sumber gambar: https://gankmetro.com/outbound-arung-jeram-murah-surabaya/


Mungkin bagi kalian para pecinta kegiatan alam bebas, istilah rafting sudah tidak asing lagi. Apalagi bagi kalian yang suka dengan tantangan, kegiatan ini sangat cocok nih untuk memancing adrenalin kalian. Namun demikian, kalian harus tetap mengedepankan keselamatan lho karena rafting memang kegiatan yang penuh resiko.

Yoi,, Rafting atau yang sering juga disebut Arung Jeram merupakan suatu aktifitas pengarungan pada alur sungai. Eits nanti dulu, tidak sembarangan sungai lho tetapi hanya di sungai-sungai yang berjeram. Apa tuh? Jangan-jangan kalian tidak tau arti jeram itu apa, hihi.

Sungai yang berjeram adalah sungai yang memiliki arus deras. Apalagi ditambah dengan bebatuan besar yang tergeletak di sepanjang sungai menjadikan kegiatan rafting lebih seru. Biasanya sih sudah tersedia paket wisata rafting dengan segala fasilitas perlengkapan. Ditambah dengan menu makan maupun minum di bantaran sungai yang membuat kalian lupa dengan masalah.

Oleh karena itu, dalam berkegiatan kalian harus didampingi oleh pemandu yang memah sudah paham medan sungainya. Tanpa itu semua, bisa jadi kegiatan mu justru menjadi petaka dengan resiko yang terjadi. Perhatikan juga cuaca di hulu sungai apakah memang cerah atau hujan deras. Hal ini yang kadang kurang diperhatikan sehingga tiba-tiba arus di sungai menjadi deras dan menghanyutkan.

Ohh iya, dalam kegiatan rafting ini Perahu adalah alat utama yang digunakan. Coba kalau tidak pake perahu, mana bisa? Nahh, untuk menggerakkan perahu juga dibutuhkan dayung sehingga dapat mengendalikan laju perahu dalam arus sungai. Tetaplah pakai pelampung yang melekat di badan untuk melindungi tubuhmu. Terlebih lagi helm untuk menghindari benturan pada kepala.

Tenang deh kalau kalian menyewa paket wisata rafting di suatu sungai. Tidak perlu ribet-ribet lagi mencari perlengkapan kemana-mana, cukup dengan membayar langsung gassss. Bakal ada pemandu juga yang mendampingi kalian rafting. Bagi kalian yang masih sangat awam tidak usah khawatir, dari pemandu akan mengajarkan terlebih dahulu teknik-teknik yang dibutuhkan sebelum terjun ke sungai.

Rafting sebagai kegiatan berkelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai. Jika tidak, bisa saja membuat perahu kalian terbalik.

Tak dapat dipungkiri bahwa Arung Jeram merupakan olah raga yang penuh resiko (high risk sport). Namun demikian, setiap orang mampu melakukannya asalkan dia dalam kondisi “baik”; baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan membaca medan secara kognitif, dan sehat fisik dan mental.



Posting Komentar

0 Komentar